A. PEMUDA DAN IDENTITAS
Telah kita ketahui bahwa pemuda atau
generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah dan
merupakan beban modal bagi para pemuda. Tetapi di lain pihak pemuda juga
menghadapi pesoalan seperti kenakalan remaja, ketidakpatuhan kepada orang tua, frustasi,
kecanduan narkotika, masa depan suram. Semuanya itu akibat adanya jurang antara
keinginan dalam harapan dengan kenyataan yang mereka hadapi.
Kaum muda dalam setiap masyarakat dianggap
sedang mengalami apa yang dinamakan ”moratorium”. Moratorium adalah masa
persiapan yang diadakan masyarakat untuk memungkinkan pemuda-pemuda dalam waktu
tertentu mengalami perubahan.
Menurut pola dasar pembinaan dan pengembangan
generasi muda bahwa generasi muda dapat dilihat dari berbagai aspek sosial,
yakni:
1. Sosial psikologi
2. sosial budaya
3. sosial ekonomi
4. sosial politik
PERMASALAHAN PADA GENERASI MUDA
Masalah-masalah yang menyangkut generasi
muda dewasa ini adalah:
a. Dirasakan menurunnya jiwa nasionalisme,
idealisme dan patriotisme di kalangan generasi muda
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda
terhadap masa depannya
c. Belum seimbangnya jumlah generasi muda dengan
fasilitas pendidikan yang tersedia
d. Kurangnya lapangan dan kesempatan kerja.
e. Kurangnya gizi yang dapat menghambat
pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasan
f. Masih banyaknya perkawinan-perkawinan di bawah
umur
g. Adanya generasi muda yang menderita fisik dan
mental
h. Pergaulan bebas
i. Meningkatnya kenakalan remaja, penyalahagunaan
narkotika
j. Belum adanya peraturan perundang-undangan yang
mengangkut generasi muda.
PERAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT
a. Peranan pemuda yang didasarkan atas usaha
pemuda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
b. Peranan pemuda yang menolak unsur menyesuaikan
diri dengan lingkungannya
c. Asas edukatif
d. Asas persatuan dan kesatuan bangsa
e. Asas swakarsa
f. Asas keselarasan dan terpadu
g. Asas pendayagunaan dan fungsionaliasi
ARAH PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA
Arah pembinaan dan pengembangan generasi
muda ditunjukan pada pembangunan yang memiliki keselarasn dan keutuhan antara
ketiga sumbu orientasi hidupnya yakni.
a. Orientasi ke atas kepada Tuhan Yang Masa Esa.
b. Orientasi dalam dirinya sendiri
c. Orientasi ke luar hidup di lingkungan
Peranan mahasiswa dalam masyarakat
a. Agen of change
b. Agen of development
c. Agen of modernization
B. PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing-masing agar
bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan
pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi disebut Mahasiswa sedangkan tenaga
pendidikan perguruan tinggi disebut dosen. disinilah seseorang dapat
mengembangkan lebih dalam lagi ilmu-ilmu yang telah didapat dari pendidikan
sebelumnya (SD,SMP,SMA), yang akan berpeluang besar menggantikan generasi
sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.
Di
Indonesia ada bermacam-macam perguruan dan pendidikan baik yang bersifat formal
maupun nonformal, dan informal. adapun jenis-jenis pendidikan, yaitu :
Pendidikan formal yaitu TK, SD, SLTP, SMA, SMK.
Pendidikan non formal yaitu kursus menjahit,
memasak, dll
Pendidikan informal yaitu pendidikan berdasarkan
pengalaman.
Saat ini sarana pendidikn baik formal
maupun nonformal sudah sangat baik, namun tidak semua kalangan masyarakat bisa
menikmati pendidikan tersebut karena biaya untuk bisa menikmatinya terlalu
mahal.
Akibat tingkat kualitas SDM di Indonesia sangat
rendah karena masih banyak anak yang putus sekolah bahkan tidak sekolah ,
karena tidak memiliki biaya. ironis sekali bagi negara berkembang seperti
Indonesia, jumlah SDM yang berkualitas rendah akan memperbanyak jumlah
pengangguran, kemudian tingginya pengangguran mengakibatkan tingkat kemiskinan
di Indonesia tinggi.
Untuk itu pemerintah membuat berbagai
macam program agar dapat mengatasi masalah tersebut. Upaya-upaya yang
dikeluarkan pemerintah yaitu:
Pada pendidikan formal, pemerintah menggratiskan
biaya dari tingkat SD s/d SLTP (wajib belajar 9th).
Adanya berbagai macam beasiswa baik ditingkat SLTA
ataupun perguruan tinggi bagi siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu.
Membuat satu wadah yang bekerja sama dengan
industri kecil menengah untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat
yang terlanjur tidak sekolah agar bisa memiliki usaha sendiri.
Membuat program kesetaraan paket A,B,C bagi
masyarakat yang ingin sekolah namun kendala dengan umur.
Seharusnya pendidikan formal di
barengi dengan pendidikan nonformal agar tercipta masyarakat yang cerdas dan
kreatif serta mampu mendirikan lapangan pekerjaan sendiri.
“Pemuda merupakan satu identitas yang
potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi
pembangunan Negara bangsa dan agama. Selain itu pemuda/mahasiswa mempunyai
peran sebagai pendekar intelektual dan sebagai pendekar social yaitu bahwa para
pemuda selain mempunyai ide-ide atau gagasan yang perlu dikembangkan selain itu
juga berperan sebagai perubah Negara dan bangsa ini. Oleh siapa lagi kalau
bukan oleh generasi selanjutnya maka dari itu para pemuda harus memnpunyai ilmu
yang tinggi dengan cara sekolah atau dengan yang lainnya, dengan begitu bangsa
ini akan maju aman dan sentosa.”
Sumber: http://oman19.blogspot.com/2010/10/perguruan-dan-pendidikan.html http://etrisetiowati.blogspot.com/2011/10/perguruan-dan-pendidikan.html
Sumber: http://oman19.blogspot.com/2010/10/perguruan-dan-pendidikan.html http://etrisetiowati.blogspot.com/2011/10/perguruan-dan-pendidikan.html
No comments:
Post a Comment