Pages

Wednesday, October 20, 2010

HATI-HATI PEMAKAI AVANZA RAWAN KECELAKAAN !


Berikut ini adalah pengalaman yang dialami oleh kakak saya sebagai pemakai Toyota Avanza ingin menyampaikan himbauan kepada pemakai Avanza dan sekaligus protes kepada PT. Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek Toyota Avanza. 

Kejadian yang dialaminya pada tanggal 4/Nopember/2005, (Hari Lebaran ke-2) sungguh membuat kakak saya sekeluarga hampir terenggut nyawa. Mobil kakak saya Avanza, D1264 GZ. terbalik dan berputar-putar (seperti gansing dengan ke-4 roda diatas) di Tol Cipularang, km 104 arah ke Bandung. Hal ini akibat roda kiri belakang terlepas karena patah as. 

Lokasi patahan tersebut terdapat di dalam rem tromol belakang (foto inset). Sementara pada roda yang terlepas masih menempel ke-4 baut pada tromolnya. Melihat bentuk patahan tersebut (seperti butiran pasir), kemungkinan karena patah getas. Mobil kakak saya badannya hancur, hanya satu pintu yang bisa dibuka. kakak saya bisa keluar pada saat terbalik melalui kaca belakang yang sudah pecah. Beruntung, kakak saya luka-luka ringan dan hanya perlu dijahit. 


Kakak saya sebagai pemakai toyota avanza sudah merasakan resiko kematian ketika menggunakan mobil itu. Setiap kali melihat avanza kakak saya merasa trauma akan kecelakaan. 

Kami menuntut pihak PT. Toyota Astra Motor untuk menjelaskan bagaimana mobil yang baru 1 tahun (bulan 11 tahun 2004) kakak saya pakai sudah mengalami patah as. 


Kakak saya juga meragukan bagaimana kontrol kualitas yang dilakukan pada saat mobil tersebut di produksi? Apakah karena mobil tersebut murah (relatif), lalu nyawa kami juga dihargai dengan murah ? kakak saya juga menuntut pihak yang terkait untuk menjamin agar kakak saya bisa mengendarai mobil tersebut dengan aman. 

Kakak saya tidak tahu apakah pihak Toyota akan mengganti mobil kakak saya yang sudah ringsek itu karena kesalahan produksi.Yang jelas itu hanya satu-satu mobil yang kakak saya miliki. 

Saya hanya menghimbau kepada khalayak umum, bahwa menggunakan mobil avanza berisiko kematian....Pengalaman kakak saya membuktikan. 


Kondisi Avanza akibat patah as roda belakang kiri 



Kondisi Avanza akibat patah as roda belakang kiri 

Kondisi mobil akibat patah as 04 Nop 2005 

Patahan berupa butiran pasir akibat patah getas (cacat produksi) 



Muhamammad Fathullah 

Komplek Eramas 2000 Blok E2 7 

Jakarta 13950 

========================= 

Untuk foto bagian as yang patah dan body mobil yang rusak lihat pada lampiran gambar di bawah ini. Jika gambar tidak bisa dilihat mungkin anda belum login dan harus login dulu dengan username anda. 


Attachments:
File comment: Gambar as tromol ban kiri belakang yang patah berbentuk butiran pasir besi (cacat produksi as)
clip_image006.jpgclip_image006.jpg [ 21.05 KiB | Viewed 7685 times ] 
File comment: gambar body mobil yang rusak
clip_image004.jpgclip_image004.jpg [ 33.05 KiB | Viewed 7677 times ] 
clip_image002.jpg
aya mendapatkan tanggapan melalui email dari Customer Care TAM yang isinya saya copykan dibawah ini : 


-----Original Message----- 
From: Customer Care TAM [mailto:customer-care@toyota.astra.co.id] 
Sent: Tuesday, November 15, 2005 9:14 
Subject: Tanggapan Toyota terhadap peristiwa Kecelakaan Toyota Avanza di tol Cipularang 


Tanggapan Toyota terhadap peristiwa Kecelakaan Toyota Avanza di tol Cipularang 
Sehubungan dengan beredarnya informasi melalui email/mailing list mengenai kecelakaan yang melibatkan 
1 unit Toyota Avanza di Tol CIPULARANG, km 103,8 pada tanggal 4 November 2005 yang lalu, maka 
bersama ini kami sampaikan sebagai berikut : 
1. Kami sangat prihatin terhadap musibah kecelakaan tersebut dan sebagai produsen kami bertanggungjawab terhadap Produk yang dikeluarkan sesuai dengan kaidah standar keselamatan yang berlaku di Indonesia dan Internasional. Untuk itu kami akan melakukan investigasi yang cermat dan mendalam untuk mengetahui penyebab dari kecelakaan tersebut. 
2. Sesuai dengan hasil pertemuan dengan keluarga pelanggan, kami telah sepakat untuk melakukan uji material yang akan dilakukan oleh pihak ke-3 yang berkompeten. Hal ini penting untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggunjawabkan secara ilmiah untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut apakah disebabkan oleh faktor kualitas produk/material, "human error" atau faktor lainnya. Diperkirakan hasil tersebut dapat diperoleh selambatnya dalam waktu 1 bulan mendatang. 
3. Kami juga mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah memberikan opini/pendapat melalui Email/mailing list. Akan tetapi sementara menunggu hasil investigasi dan menghindarkan kesimpangsiuran informasi dan opini, kami berharap semua pihak dapat menunggu hasil uji material tersebut. 
Kami sangat berterima kasih apabila ada masukan/temuan/pendapat yang bermanfaat bagi investigasi, yang ditujukan langsung kepada alamat dibawah ini : 
- Nomor telepon hotline : 08001821333 (toll free) atau 021-6513333 
- Alamat email : 
customer-care@toyota.astra.co.id 
Terima kasih atas perhatiannya. 
Hormat kami 

Customer Satisfaction Department 
PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR 

No comments:

Post a Comment